ANALISIS PENGARUH BAURAN PRODUK, HARGA, DANLOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIANKONSUMEN DI APOTEK KING FARMA

Stevanny (2022) ANALISIS PENGARUH BAURAN PRODUK, HARGA, DANLOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIANKONSUMEN DI APOTEK KING FARMA. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (52kB)
[img] Text
06. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
14. BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
15. BAB II.pdf

Download (162kB)
[img] Text
16. BAB III.pdf

Download (133kB)
[img] Text
19. DAFTAR PUSTAKAN.pdf

Download (125kB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Bauran Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Apotek King Farma. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah Apotek King Farma serta unit observasinya adalah konsumen Apotek King Farma. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada toko selama periode 2016 sampai dengan 2020 yang jumlahnya tidak pasti atau tidak dapat diketahui. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Hair dan berjumlah 90 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi Keputusan Pembelian = -2,347 + 0,287 Bauran Produk + 0,995 Harga + 0,239 Lokasi + e. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel Bauran Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Apotek King Farma dimana thitung 3,937 > ttabel 1,987, variabel Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Apotek King Farma dimana thitung 10,969 > ttabel 1,987 dan variabel Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Apotek King Farma dimana thitung 3,237 > ttabel 1,987. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Fhitung 90,257 > Ftabel 2,71 yang berarti variabel bebas yaitu Bauran Produk, Harga dan Lokasi secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Keputusan Pembelian pada Apotek King Farma. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 75,10% variabel Keputusan Pembelian pada Apotek King Farma dipengaruhi oleh variabel Bauran Produk, Harga dan Lokasi, sedangkan sisanya sebesar 24,90% dijelaskan oleh pengaruh faktor lain atau variabel di luar model seperti Promosi, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Kata Kunci: Bauran Produk, Harga, Lokasi, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 06 Jul 2024 02:39
Last Modified: 31 Jul 2024 07:20
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

View Item View Item