DAMPAK INOVASI BAKSO DAN LAYANAN WIRAUSAHAWAN DALAM MENARIK PEMBELIAN BAKSO SAPI SEMARANG

Setiawan (2022) DAMPAK INOVASI BAKSO DAN LAYANAN WIRAUSAHAWAN DALAM MENARIK PEMBELIAN BAKSO SAPI SEMARANG. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
COVER_SETIAWAN_181010105.pdf

Download (58kB)
[img] Text
ABSTRAK_SETIAWAN_181010105.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I_SETIAWAN_181010105.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB II_SETIAWAN_181010105.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB III_SETIAWAN_181010105.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKAn_Setiawan_181010105.pdf

Download (122kB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Inovasi terhadap Pembelian pada Bakso Sapi Semarang, mengetahui pengaruh Layanan terhadap Pembelian pada Bakso Sapi Semarang, mengetahui pengaruh Inovasi dan Layanan terhadap Pembelian pada Bakso Sapi Semarang. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada Bakso Sapi Semarang selama periode 2020 sebanyak 8.352 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 99 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Pembelian = 1,547 + 0,575 Inovasi + 0,469 Layanan + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Inovasi memiliki nilai thitung (5,090) > ttabel (1,985) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Inovasi terhadap Pembelian pada Bakso Sapi Semarang. Hasil analisis menunjukkan Layanan memiliki nilai thitung (3,696) > ttabel (1,662) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Layanan terhadap Pembelian pada Bakso Sapi Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi dan Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pembelian pada Bakso Sapi Semarang berdasarkan hanilai Fhitung (52,541) > Ftabel (3,07) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Inovasi dan Layanan secara simultan terhadap Pembelian pada Bakso Sapi Semarang. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,523 artinya variabel Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Inovasi dan Layanan sebesar 52,3% sedangkan sisanya 47,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti harga, cita rasa, promosi dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Inovasi, Layanan, Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:28
Last Modified: 31 Jul 2024 06:47
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item View Item