ANALISIS STRATEGI MARKETING TERHADAP PENJUALAN PRODUK FARMASI DI PT. GRAHA TRIAGO MEDIKA

Marsella Wijaya, Marsella Wijaya (2024) ANALISIS STRATEGI MARKETING TERHADAP PENJUALAN PRODUK FARMASI DI PT. GRAHA TRIAGO MEDIKA. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
MARSELLA WIJAYA-201010030-MJM-FULL TEXT - marsella wijaya.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Product, Price, dan Promotion baik secara parsial maupun simultan terhadap Penjualan Produk Farmasi di Pt. Graha Triago Medika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan kuantitatif serta sumber data berupa data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pelanggan di PT. Graha Triago Medika pada tahun 2023 sebanyak 335 apotek. Jumlah sampel adalah 174 apotek dengan tingkat kesalahan yang dapat ditolerir sebesar 5%. Teknik pengambilan sampel dengan nonprobability sampling menggunakan jenis simple random sampling. Data dianalisis dengan metode analisis regresi linier berganda yang menghasilkan persamaan Volume Penjualan = 6,160 + 0,507 Product + 0,268 Price + 0,212 Promotion + e. Hasil penelitian menunjukkan Product secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Volume Penjualan. Price secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Volume Penjualan. Promotion secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Volume Penjualan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara simultan diketahui bahwa hasil uji – F menunjukkan variabel Product, Price, dan Promotion secara simultan berpengaruh terhadap Volume Penjualan produk farmasi di PT. Graha Triago Medika. Besarnya adjusted R Square adalah 0,505 atau 50,5% yang artinya Product, Price, dan Promotion berpengaruh terhadap Volume Penjualan sebesar 50,5% dan sisanya sebesar 49,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti kepercayaan konsumen, sikap karyawan, citra perusahaan, dan kualitas produk farmasi. Kata Kunci: Price, Product, Promotion, Volume Penjualan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:51
Last Modified: 24 Sep 2024 12:31
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item View Item