PENGARUH GAYA HIDUP DAN MOTIVASI TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA TOKO NASIONAL

Stella Tiara (2023) PENGARUH GAYA HIDUP DAN MOTIVASI TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA TOKO NASIONAL. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
N191010212_FULLTEXT - Stella Tiara.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gaya Hidup terhadap Keberhasilan Usaha pada Toko Nasional, mengetahui pengaruh Motivasi terhadap Keberhasilan Usaha pada Toko Nasional, mengetahui pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi terhadap Keberhasilan Usaha pada Toko Nasional. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang telah melakukan pembelian pada took selama periode 2022 sebanyak 2530 konsumen. Jumlah tersebut diperoleh dari transaksi selama 2022. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 96 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keberhasilan Usaha = 17,014 + 0,344 Gaya Hidup + 0,369 Motivasi + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Gaya Hidup terlihat memiliki nilai thitung (2,800)> ttabel (1,985) dengan tingkat signifikan 0,006 <0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Gaya Hidup terhadap Keberhasilan Usaha pada Toko Nasional. Hasil analisis menunjukkan Motivasi memiliki nilai thitung (3,961) > ttabel (1,985) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Motivasi terhadap Keberhasilan Usaha pada Toko Nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya Hidup dan Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keberhasilan Usaha pada Toko Nasional berdasarkan nilai Fhitung (13,726) > Ftabel (3,09) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Gaya Hidup dan Motivasi secara simultan terhadap Keberhasilan Usaha pada Toko Nasional. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,228 artinya variabel Keberhasilan Usaha dapat dijelaskan oleh variabel Gaya Hidup dan Motivasi sebesar 22,8% sedangkan sisanya 77,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kualitas layanan, kualitas produk, lokasi, promosi dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci : Gaya Hidup, Motivasi, Keberhasilan Usah

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 24 Jul 2024 08:29
Last Modified: 31 Jul 2024 12:25
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/224

Actions (login required)

View Item View Item