NALISIS PENGARUH PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA UMKM DI KAMPUNG DURIAN

Manisa (2024) NALISIS PENGARUH PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA UMKM DI KAMPUNG DURIAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
201010138_FULLTEXT - Manisa Dewi (1).pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keberhasilan Usaha UMKM Di Kampung Durian. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah UKM Kuliner di Kampung Durian dan unit observasi adalah Para pelaku usaha UKM Kuliner di UMKM di Kampung Durian. Populasi dalam penelitian ini adalah 70 pelaku usaha. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh dan berjumlah 70 pelaku usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner yang dilakukan secara sistematis sesuai dengan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan masalah dan membuktikan hipotesis adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Analisis ini meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis melalui uji t dan uji F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi linier berganda Keberhasilan Usaha = 0,695 + 0,442 Produk + 0,286 Kualitas Pelayanan + e. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha pada UKM Kuliner di Kampung Durian dimana thitung (6,949) > ttabel (1,9960), variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha pada UKM Kuliner di Kampung Durian dimana thitung (4,724) > ttabel (1,9960). Hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung (155,044) > Ftabel (3,13) yang berarti variabel bebas (produk dan kualitas pelayanan) secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat (keberhasilan usaha). Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 82,2% variabel keberhasilan usaha dipengaruhi oleh produk dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya sebesar 17,8% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain seperti harga, promosi, kualitas produk, loyalitas, trust. Kata kunci : Keberhasilan Usaha, Kualitas Pelayanan, Produk

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:11
Last Modified: 24 Sep 2024 12:29
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/230

Actions (login required)

View Item View Item