DAMPAK LAYANAN PURNA JUAL DAN AFFILIATOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO SEPEDA SAUDARA MEDAN

Eko Nakata (2024) DAMPAK LAYANAN PURNA JUAL DAN AFFILIATOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO SEPEDA SAUDARA MEDAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
201010108_FULLTEXT(1) - Eko Nakata.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari layanan purna jual dan affiliator terhadap keputusan pembelian pada Toko Sepeda Saudara Medan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah Toko Sepeda Saudara Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pada Toko Sepeda Saudara Medan pada tahun 2019 – 2020 sebanyak 1.236 konsumen. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dan berjumlah 93 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi Keputusan Pembelian = - 0,661+ 0,957 Layanan Purna Jual + 0,315 Affiliator + e. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel layanan purna jual berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Sepeda Saudara Medan dimana thitung 8,493 > ttabel 1,986 dan variabel affiliator berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Sepeda Saudara Medan dimana thitung 3,753 > ttabel 1,986. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Fhitung 100,900 > F tabel 3,10 yang berarti variabel bebas yaitu layanan purna jual dan affiliator secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian pada Toko Sepeda Saudara Medan. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 69,20% variabel keputusan pembelian n pada Toko Sepeda Saudara Medan dipengaruhi oleh variabel layanan purna jual dan affiliator, sedangkan sisanya sebesar 30,80% dijelaskan oleh pengaruh faktor lain atau variabel di luar model seperti nilai pelanggan, kualitas pelayanan dan lokasi yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Kata Kunci: Layanan Purna Jual, Affiliator, dan Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 29 Jul 2024 08:41
Last Modified: 23 Sep 2024 12:02
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/267

Actions (login required)

View Item View Item