PENGARUH CITA RASA DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING RM. PONDOK SELERA

Angelica Novella (2024) PENGARUH CITA RASA DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING RM. PONDOK SELERA. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
201010026_FULLTEXT(1) - Angelica Novella-1-118.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cita rasa terhadap keunggulan bersaing pada RM. Pondok Selera, mengetahui pengaruh store atmosphere terhadap keunggulan bersaing pada RM. Pondok Selera, mengetahui pengaruh cita rasa dan store atmosphere terhadap keunggulan bersaing pada RM. Pondok Selera. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berkunjung untuk melakukan pembelian pada RM. Pondok Selera selama periode 2023 yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Dengan menggunakan rumus Hair et al dengan indikator sebanyak 11, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 110 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan keunggulan bersaing = -8.454 + 1.147 cita rasa+ 0,160 store atmosphere + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa cita rasa berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing di RM. Pondok Selera berdasarkan uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 21,784 > t tabel 1,99085. Hasil menunjukkan store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing di RM. Pondok Selera, berdasarkan uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 2,853 > ttabel 1,99085. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cita rasa dan store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing di RM. Pondok Selera, berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan yaitu sebesar Fhitung 637,959 > Ftabel 3,12. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R square (R2) = 0,943 atau 94,3% yang artinya bahwa cita rasa dan store atmosphere secara simultan mempunyai pengaruh sebesar 94,3% terhadap keunggulan bersaing di RM. Pondok Selera. Sedangkan sisanya 5,7% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti harga, citra, lokasi, dan pengetahuan kewirausahaan. Kata Kunci: Atmosphere, Cita Rasa, Keunggulan Bersaing, Store

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 03 Aug 2024 03:13
Last Modified: 23 Sep 2024 10:30
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item View Item