PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN VARIASI PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG DI PT MULTIPLUS MEDILAB

Billy (2024) PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN VARIASI PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG DI PT MULTIPLUS MEDILAB. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
201010036_FULLTEXT(1) - Billy.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat beli ulang pada perusahaan yang akhir-akhir ini memiliki persaingan dari berbagai kompetitornya. Variabel independen yang diambil pada penelitian ini adalah digital marketing dan variasi produk dengan mengambil tempat penelitian pada Pt. Multiplus Medilab yang merupakan salah satu perusahaan yang menjual alat-alat kesehatan dengan mayoritas pelanggannya adalah badan usaha meskipun ada pelanggan perorangan juga. Kedua variabel ini diambil karena berdasarkan studi kasus ke lokasi penelitian dua variabel tersebut memegang peranan cukup penting, karena variabel digital marketing berkaitan dengan bagaimana perusahaan mengelola media sosial untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Sedangkan, untuk variabel variasi produk terkait dengan seberapa banyak pilihan tipe dan jenis barang yang dapat mempengaruhi pertimbagan pelanggan dalam memutuskan pembelian barang. Oleh karena itu kedua variabel ini diduga akan mempengaruhi minat beli ulang yang dimana indikatornya adalah Minat beli ulang transaksional, Minat beli ulang referensial, Minat beli ulang preferensial, dan Minat beli ulang eksploratif yang sangat dipengaruhi oleh kedua variabel independen tersebut. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 95 responden yang merupakan konsumen dari Pt. Multiplus Medilab yang terpilih dengan metode Simple Random Sampling dari 10.214 transaksi selama tahun 2023 dengan margin error adalah 10%. Hasil analisis memberikan persamaan Minat Beli Ulang = -0,093 + 0,365 Digital Marketing + 0,453 Variasi Produk + e. Hasil ini menunjukkan bahwa kedua variabel memiliki pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan dengan melihat dari uji-t dan uji-F. Dimana hasil uji-t pada variabel digital marketing memberikan thitung (6,095) > ttabel (1,985) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Untuk uji-t pada variabel variasi produk menghasikan thitung (5,117) > ttabel (1,985) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan kedua variabel berpengaruh dan signifikan. Untuk uji-F didapatkan hasil Fhitung (200,120) > Ftabel (3,095) dengan signifikansi 0,000 < 0,005. Sehingga dapat disimpulkan kedua variabel ini juga berpengaruh terhadap minat beli ulang Pt. Multiplus Medilab secara simultan. Hasil ini juga didukung dengan Koefisien Determinasi atau nilai R 2 (R Square) sebesar 0,813 atau 81,3% yang artinya minat beli ulang dapat dijelaskan sebesar 81,3% oleh variabel digital marketing dan variasi produk. Sedangkan sisanya 18,7% dapat dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak tercakup dalam penelitian ini. Untuk penelitian kedepannya dapat dilakukan dengan menambahkan variabel independen lainnya atau mengganti dengan variabel independen lain yang lebih berpengaruh. Kata Kunci: Digital Marketing, Variasi Produk, Minat Beli Ulang

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 05 Aug 2024 07:10
Last Modified: 23 Sep 2024 10:49
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/308

Actions (login required)

View Item View Item