KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI DIVERSIFIKASI PRODUK DAN DIFERENSIASI PRODUK CV.CHAINTRACO MAKMUR

Christopher (2024) KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI DIVERSIFIKASI PRODUK DAN DIFERENSIASI PRODUK CV.CHAINTRACO MAKMUR. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
201010048_FULLTEXT(1) - Christopher.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari dampak diversifikasi produk dan diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian CV. Chaintraco Makmur. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah para pembeli di CV. Chaintraco Makmur. Populasi dalam penelitian ini adalah 458 orang pelanggan teatp. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Icidental Sampling dan berjumlah 214 pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner melalui tautan Google Form yang dilakukan secara sistematis sesuai dengan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan masalah dan membuktikan hipotesis adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Analisis ini meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis melalui uji t dan uji F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi linier berganda keputusan pembelian = -.962 + 0.561 diversifikasi produk + 0.470 diferensiasi produk + e. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel diversifikasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian CV. Chaintraco Makmur dimana thitung (7,724) > ttabel (1,971), variabel diferensiasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian CV. Chaintraco Makmur dimana thitung (7,513) > ttabel (1,971). Hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung (208,887) > Ftabel (3,09) yang berarti variabel bebas (diversifikasi produk dan diferensiasi produk) secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat (keputusan pembelian). Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 66,4 % variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel diversifikasi produk dan diferensiasi produk, sedangkan sisanya sebesar 33,6% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Kata kunci: diferensiasi produk, diversifikasi produk, keputusan pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 05 Aug 2024 11:48
Last Modified: 23 Sep 2024 10:55
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/314

Actions (login required)

View Item View Item