ANALISIS PENGARUH E-COMMERCE DAN REVIEW PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PANGLONG USAHA JAYA PAYA PASIR

Alvin Caesar (2024) ANALISIS PENGARUH E-COMMERCE DAN REVIEW PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PANGLONG USAHA JAYA PAYA PASIR. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
201010062_FULLTEXT(1) - Alvin Caesar.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Alvin Caesar, 201010062, 2024, Analisis Pengaruh E-Commerce dan Review Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Panglong Usaha Jaya Paya Pasir, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dr. Sri Rezeki, S.E, M.Si., Pembimbing II: Dra. Pesta Gultom, M. M Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-Commerce terhadap keputusan pembelian pada Panglong Usaha Jaya Paya Pasir, mengetahui pengaruh Review Pelanggan terhadap keputusan pembelian pada Panglong Usaha Jaya Paya Pasir, mengetahui pengaruh E-Commerce dan Review Pelanggan terhadap keputusan pembelian pada Panglong Usaha Jaya Paya Pasir. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang membeli produk di Panglong Usaha Jaya Paya Pasir yang berjumlah sebanyak 403 orang yang melakukan pembelian ulang. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 201 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menyatakan pengaruh E-Commerce dan Review Pelanggan ditunjukkan dari hasil analisis regresi linear berganda memberikan arti bahwa variabel E-Commerce dan Review Pelanggan secara bersama – sama mempunyai pengaruh terhadap Keputusan Pembelian di Panglong Usaha Jaya Paya Pasir. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa E-Commerce berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Panglong Usaha Jaya Paya Pasir berdasarkan uji hipotesis secara parsial. Hasil menunjukkan Review Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Panglong Usaha Jaya Paya Pasir berdasarkan uji hipotesis secara parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Commerce dan Review Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Panglong Usaha Jaya Paya Pasir berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa 55,4% variabel Keputusan Pembelian hanya dapat dijelaskan variabel E-Commerce dan Review Pelanggan. Sedangkan sisanya 44,6% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti harga, citra, lokasi, dan perilaku konsumen. Kata Kunci: E-Commerce, Keputusan Pembelian, Review Pelanggan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 06 Aug 2024 06:54
Last Modified: 23 Sep 2024 10:27
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/320

Actions (login required)

View Item View Item