ANALISIS PENGARUH PRODUK, LOKASI, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO OLEH-OLEH DAN JAJANAN TRADISIONAL MEDAN

Nuristiani (2023) ANALISIS PENGARUH PRODUK, LOKASI, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO OLEH-OLEH DAN JAJANAN TRADISIONAL MEDAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
191010194_FULLTEXT(1) - Nuristiani.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Nuristiani, 191010194, 2023. Analisis Pengaruh Produk, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Oleh-Oleh Dan Jajanan Tradisional Medan, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Bapak Dedy Lizuardi,.SE.,M.M., Pembimbing II : Ibu Dra. Pesta Gultom, M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Produk, Lokasi, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Oleh-Oleh Dan Jajanan Tradisional Medan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah Toko Oleh-Oleh Dan Jajanan Tradisional Medan serta unit observasinya adalah konsumen Toko Oleh-Oleh Dan Jajanan Tradisional Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada toko selama periode 2018 sampai dengan 2022 yang jumlahnya tidak pasti atau tidak dapat diketahui. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Hair dan berjumlah 95 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji-t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi Keputusan Pembelian = 11,243 + 0,706 Produk + 0,044 Lokasi + 0,411 Promosi + 0,5. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Oleh-Oleh Dan Jajanan Tradisional Medan dimana thitung 7,393 > ttabel 1,986, variabel Lokasi tidak berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Oleh-Oleh Dan Jajanan Tradisional Medan dimana thitung 0,553 < ttabel 1,986 dan variabel Promosi berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Oleh-Oleh Dan Jajanan Tradisional Medan dimana thitung 3,871 > ttabel 1,986 dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada dimana thitung 3,844 > ttabel 1,987. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Fhitung 48,004 > Ftabel 2,70 yang berarti variabel bebas yaitu Produk, Harga dan Lokasi secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Keputusan Pembelian pada Pada Toko Oleh-Oleh Dan Jajanan Tradisional Medan. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 60% variabel Keputusan Pembelian pada Toko OlehOleh Dan Jajanan Tradisional Medan dipengaruhi oleh variabel Bauran Produk, Harga dan Lokasi, sedangkan sisanya sebesar 40% dijelaskan oleh pengaruh faktor lain atau variabel di luar model seperti Harga, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Kata Kunci: Produk, Lokasi, Promosi, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 07 Aug 2024 06:49
Last Modified: 07 Aug 2024 06:49
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item View Item