PENGARUH SPONSORSHIP DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP BRAND AWARENESS PADA THE BITES BROWNIES

Ratih (2023) PENGARUH SPONSORSHIP DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP BRAND AWARENESS PADA THE BITES BROWNIES. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
191010184_FULLTEXT(1) - Ratih.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Ratih, 191010184, 2023. Pengaruh Sponsorship Dan Social Media Marketing Terhadap Brand Awareness Pada The Bites Brownies. STIE Eka Prasetya Medan, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Ibu Elisabeth Nainggolan, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II: Bapak Muammar Rinaldi, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sponsorship dan Social Media Marketing terhadap Brand Awareness pada The Bites Brownies. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah The Bites Brownies serta unit observasinya adalah konsumen dari The Bites Brownies. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari The Bites Brownies dimana seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada toko yang jumlahnya tidak pasti atau tidak dapat diketahui. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Hair dan berjumlah 100 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi Brand Awareness = 1,702 + 0,699 Sponsorship + 0,172 Social Media Marketing + e. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel Sponsorship berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Awareness pada The Bites Brownies dimana thitung 10,885 > ttabel 1,984 dan variabel Social Media Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Awareness pada The Bites Brownies dimana t hitung 3,125 > ttabel 1,984. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Fhitung 106,443 > Ftabel 3,09 yang berarti variabel bebas yaitu Sponsorship dan Social Media Marketing secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Brand Awareness pada The Bites Brownies. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 68,7% variabel Brand Awareness pada The Bites Brownies dipengaruhi oleh variabel Sponsorship dan Social Media Marketing, sedangkan sisanya sebesar 31,3% dijelaskan oleh pengaruh faktor lain atau variabel di luar model seperti Lokasi, Variasi Produk, Harga, Kepuasan yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Kata Kunci : Sponsorship, Social Media Marketing dan Brand Awareness.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 07 Aug 2024 12:57
Last Modified: 07 Aug 2024 12:57
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item View Item