PENGARUH STRATEGI PEMASARAN JASA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA INDAH CARGO LOGISTIK JAMIN GINTING MEDAN

Cicilia (2023) PENGARUH STRATEGI PEMASARAN JASA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA INDAH CARGO LOGISTIK JAMIN GINTING MEDAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
191010182_FULLTEXT(1) - Cicilia.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Cicilia, 191010182, 2023. Pengaruh Strategi Pemasaran Jasa dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Indah Cargo Logistik Jamin Ginting Medan. STIE Eka Prasetya Medan, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Ibu Hommy Dorthy Ellyany Sinaga, S.T., M.M., Pembimbing II: Bapak Bambang Sutejo, S.Kom., S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari People, Process dan Physical Evidence Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Indah Cargo Logistik Jamin Ginting Medan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah Indah Cargo Logistik Jamin Ginting Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang menggunakan jasa pada Indah Cargo Logistik Jamin Ginting Medan selama periode 2017-2021 yang jumlahnya tidak pasti atau tidak dapat diketahui. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Hair dan berjumlah 110 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi Kepuasan Pelanggan = -1,955 + 0,477 People + 0,112 Process + 0,406 Physical Evidence + e. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel People berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Indah Cargo Logistik Jamin Ginting Medan dimana thitung 7,518 > ttabel 1,982, variabel Process tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Indah Cargo Logistik Jamin Ginting Medan dimana thitung 1,836 < ttabel 1,982 dan variabel Physical Evidence berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Indah Cargo Logistik Jamin Ginting Medan dimana thitung 6,815 > ttabel 1,982. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Fhitung 110,294 > Ftabel 2,69 yang berarti variabel bebas yaitu People, Process dan Physical Evidence secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Kepuasan Pelanggan pada Indah Cargo Logistik Jamin Ginting Medan. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 75,10% variabel Kepuasan Pelanggan pada Indah Cargo Logistik Jamin Ginting Medan dipengaruhi oleh variabel People, Process dan Physical Evidence, sedangkan sisanya sebesar 24,90% dijelaskan oleh pengaruh faktor lain atau variabel di luar model seperti Price, Promotion dan Place yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Kata Kunci: People, Process, Physical Evidence, dan Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 08 Aug 2024 08:11
Last Modified: 08 Aug 2024 08:11
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/344

Actions (login required)

View Item View Item