PENGARUH KREATIVITAS, MOTIVASI USAHA DAN LOKASI YANG STRATEGIS TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA TOKO LARIS JAYA

Tan Ciacia Sherina (2023) PENGARUH KREATIVITAS, MOTIVASI USAHA DAN LOKASI YANG STRATEGIS TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA TOKO LARIS JAYA. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
191010125_FULLTEXT(1) - Tan Ciacia Sherina.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Tan Ciacia Sherina, 191010125, 2023. Pengaruh Kreativitas, Motivasi Usaha dan Lokasi yang Strategis Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Toko Laris Jaya. STIE Eka Prasetya Medan, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Ibu Hommy Dorthy Ellyany Sinaga, S.T., M.M., Pembimbing II: Bapak Muhammad Ali Akbar, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Kreativitas, Motivasi Usaha dan Lokasi yang Strategis Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Toko Laris Jaya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah Toko Laris Jaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada Toko Laris Jaya selama periode 2017-2021 yang jumlahnya tidak pasti atau tidak dapat diketahui. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Hair dan berjumlah 140 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi Keberhasilan Usaha = -2,600 + 0,747 Kreativitas + 0,292 Motivasi Usaha + 0,315 Lokasi + e. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel Kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keberhasilan Usaha pada Toko Laris Jaya dimana thitung 7,343 > ttabel 1,977, variabel Motivasi Usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keberhasilan Usaha pada Toko Laris Jaya dimana thitung 4,225 > ttabel 1,977 dan variabel Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keberhasilan Usaha pada Toko Laris Jaya dimana thitung 3,304 > ttabel 1,977. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Fhitung 81,889 > Ftabel 2,67 yang berarti variabel bebas yaitu Kreativitas, Motivasi Usaha dan Lokasi secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Keberhasilan Usaha pada Toko Laris Jaya. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 63,60% variabel Keberhasilan Usaha pada Toko Laris Jaya dipengaruhi oleh variabel Kreativitas, Motivasi Usaha dan Lokasi, sedangkan sisanya sebesar 36,40% dijelaskan oleh pengaruh faktor lain atau variabel di luar model seperti Harga, Kualitas Produk dan Atribut Produk yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kreativitas, Motivasi Usaha, Lokasi, dan Keberhasilan Usaha

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Physics
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:56
Last Modified: 13 Aug 2024 08:56
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/386

Actions (login required)

View Item View Item