PENGARUH INOVASI DAN KREATIVITAS TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA UMKM KUWEI INDONESIA

Viona Adelin (2023) PENGARUH INOVASI DAN KREATIVITAS TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA UMKM KUWEI INDONESIA. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
191010074_FULLTEXT(1) - Viona Adelin.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Viona Adelin, 191010074, 2023, Pengaruh Inovasi dan Kreativitas Terhadap Keunggulan Bersaing pada UMKM Kuwei Indonesia, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen Kewirausahaan, Pembimbing I : Dr. Sri Rezeki, S.E., M.Si., Pembimbing II : Elisabeth Nainggolan, S.Pd., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Inovasi dan Kreativitas terhadap Keunggulan bersaing secara parsial dan secara simultan pada UMKM Kuwei Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dan sumber data merupakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada konsumen yang melakukan pembelian di Kuwei Indonesia, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui dengan pasti, sehingga untuk menentukan jumlah sampel, peneliti menggunakan rumus Hair, maka diperoleh jumlah sampel nya sebanyak 140 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keunggulan Bersaing = -1,608 + 0,375 Inovasi + 0,200 Kreativitas + e. peneliti juga menggunakan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian secara parsial menujukkan bahwa Inovasi memiliki nilai thitung > ttabel dengan nilai 7,373 > 1,977 dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu dengan nilai 0,000 < 0,05, Kreativitas memiliki nilai thitung > ttabel dengan nilai 5,516 > 1,977 dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu dengan nilai 0,000 < 0,05. Hasil penelitian secara simultan menujukkan bahwa Inovasi, Kreativitas dan Keunggulan Bersaing memiliki nilai Fhitung > Ftabel dengan nilai 143,755 > 3,06 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu dengan nilai 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,677 atau 67,7% yang berarti variabel Keunggulan Bersaing dapat dijelaskan oleh variabel Inovasi dan kreativitas. Sedangkan, sisanya sebesar 32,3% variabel Keunggulan Bersaing dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti Motivasi Berwirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan dan Kemampuan Berwirausaha. Kata kunci : Inovasi, Kreativitas, dan Keunggulan Bersaing.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Physics
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 16 Aug 2024 07:43
Last Modified: 16 Aug 2024 07:43
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/417

Actions (login required)

View Item View Item