ANALISIS PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEBERHASILAN USAHA E-COMMERCE RADATIME

Shinta (2023) ANALISIS PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEBERHASILAN USAHA E-COMMERCE RADATIME. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
191010065_FULLTEXT(1)- Shinta.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Shinta, 191010065, 2023, Analisis Pengaruh Digital Marketing Dan Keragaman Produk Terhadap Keberhasilan Usaha E-Commerce RADATIME, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dedy Lazuardi, S.E., M.M., Pembimbing II: Muammar Rinaldi, S.Pd., M.Si. Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pada e- commerce yang akhir-akhir ini cukup banyak berkembang. Variabel independen yang diambil pada penelitian ini adalah Digital Marketing dan Keragaman Produk dengan mengambil tempat penelitian pada RADATIME yang merupakan salah satu e-commerce yang menjual jam tangan di Medan. Kedua variabel ini diambil karena berdasarkan studi kasus ke lokasi penelitian dua variabel tersebut memegang peranan cukup penting, karena variabel Digital Marketing berkaitan dengan konten pada media sosial dan variabel Keragaman Produk berkaitan dengan pilihan produk yang dapat dipilih oleh calon konsumen, sehingga kedua variabel ini diduga akan mempengaruhi Keberhasilan Usaha yang dimana indikatornya adalah Daya Saing, Kompetensi Usaha, dan Etika Usaha yang sangat dipengaruhi oleh jumlah konversi yang bisa dihasilkan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 96 responden yang merupakan konsumen dari RADATIME yang terpilih dengan metode Simple Random Sampling dari 2.371 konsumen selama tahun 2022 dengan margin error adalah 10%. Hasil analisis memberikan persamaan Keberhasilan Usaha = 2,250 + 0,506 Digital Marketing + 0,587 Keragaman Produk + e Hasil ini menunjukkan bahwa kedua variabel memiliki pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan dengan melihat dari uji-t dan uji-F. Dimana hasil uji-t pada variabel Digital Marketing memberikan thitung (6,433) > ttabel (1,985) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Untuk uji-t pada variabel Keragaman Produk menghasikan thitung (5.003) > ttabel (1,985) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan kedua variabel berpengaruh dan signifikan. Untuk uji-F didapatkan hasil Fhitung (126,747) > Ftabel (3,093) dengan signifikansi 0,000 < 0,005. Sehingga dapat disimpulkan kedua variabel ini juga berpengaruh terhadap Keberhasilan Usaha RADATIME secara simultan. Hasil ini juga didukung dengan Koefisien Determinasi atau nilai R2 (R Square) sebesar 0,732 atau 73,2% yang artinya Keberhasilan Usaha dapat dijelaskan sebesar 73,2% oleh variabel Digital Marketing dan Keragaman Produk. Sedangkan sisanya 26,8% dapat dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak tercakup dalam penelitian ini. Untuk penelitian kedepannya dapat dilakukan dengan menambahkan variabel independen lainnya atau mengganti dengan variabel independen lain yang lebih berpengaruh. Kata Kunci: Digital Marketing, Keragaman Produk, Keberhasilan Usaha

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 16 Aug 2024 08:47
Last Modified: 16 Aug 2024 08:47
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/425

Actions (login required)

View Item View Item