PENGARUH PERSONAL SELLING, SALES PROMOTION DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA CV. KILAU PERMATA SEJATI

Livyanty (2023) PENGARUH PERSONAL SELLING, SALES PROMOTION DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA CV. KILAU PERMATA SEJATI. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
191010052_FULLTEXT(1) - Livyanty.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Livyanty, 191010052, 2023. Pengaruh Personal Selling, Sales Promotion dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada CV. Kilau Permata Sejati. STIE Eka Prasetya Medan, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Ibu Dra. Pesta Gultom, M.M., Pembimbing II: Bapak Irvan Rolyesh Situmorang, S.E., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Personal Selling, Sales Promotion dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan pada CV. Kilau Permata Sejati. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah CV. Kilau Permata Sejati. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah pelanggan baru retailer pada CV. Kilau Permata Sejati dari tahun 2018 - 2022 sebanyak 218 toko. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dan berjumlah 141 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi Loyalitas Pelanggan = 0,781 + 0,539 Personal Selling + 0,273 Sales Promotion + 0,177 Kualitas Pelayanan + e. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel Personal Selling berpengaruh dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada CV. Kilau Permata Sejati dimana thitung 6,350 > ttabel 1,977, variabel Sales Promotion berpengaruh dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada CV. Kilau Permata Sejati dimana thitung 2,866 > ttabel 1,977 dan variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada CV. Kilau Permata Sejati dimana thitung 2,130 > ttabel 1,977. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Fhitung 54,040 > Ftabel 2,67 yang berarti variabel bebas yaitu Personal Selling, Sales Promotion dan Kualitas Pelayanan secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Loyalitas Pelanggan pada CV. Kilau Permata Sejati. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 53,20% variabel Loyalitas Pelanggan pada CV. Kilau Permata Sejati dipengaruhi oleh variabel Personal Selling, Sales Promotion dan Kualitas Pelayanan, sedangkan sisanya sebesar 46,80% dijelaskan oleh pengaruh faktor lain atau variabel di luar model Media Sosial, Harga, dan Kepuasan Konsumen yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Kata Kunci: Personal Selling, Sales Promotion, Kualitas Pelayanan, dan Loyalitas Pelanggan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:40
Last Modified: 19 Aug 2024 06:40
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/434

Actions (login required)

View Item View Item