PENGARUH PENGGUNAAN E-COMMERCE DAN INOVASI TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA MARTABAK BANGKA TERANG BULAN MENARA

Juliyanti Ongko Putri (2023) PENGARUH PENGGUNAAN E-COMMERCE DAN INOVASI TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA MARTABAK BANGKA TERANG BULAN MENARA. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
191010047_FULLTEXT(1) - Juliyanti Ongko putri.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Juliyanti Ongko Putri, 191010047, 2023. Pengaruh Penggunaan E-commerce dan Inovasi Terhadap Keberhasilan Usaha pada Martabak Bangka Terang Bulan Menara. STIE Eka Prasetya Medan, Program Studi Manajemen, Pembimbing I : Ibu Dr. Sri Rezeki, S.E.,M.Si., Pembimbing II : Ibu Desma Erica Maryati M,S.Pd.,M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan E-commerce terhadap Keberhasilan Usaha pada Martabak Bangka Terang Bulan Menara, mengetahui Pengaruh Inovasi terhadap Keberhasilan Usaha pada Martabak Bangka Terang Bulan Menara, mengetahui Pengaruh Penggunaan E-commerce dan Inovasi terhadap Keberhasilan Usaha pada Martabak Bangka Terang Bulan Menara. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif . jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data literatur yang bekenaan dengan permasalah yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Martabak Bangka Terang Bulan Menara pada tahun 2022 sebanyak 3036 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10 %, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 97 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keberhasilan Usaha = 4.970 + 0,895 E-commerce + 0,127 Iovasi + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa E-commerce memiliki nilai thitung (10.447) > ttabel (1.985) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara E-commerce terhadap Keberhasilan Usaha pada Martabak Bangka Terang Bulan Menara. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Inovasi memiliki nilai thitung (2.009) > ttabel (1.985) dengan tingkat signifikan 0,047 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial anatra Inovasi terhadap Keberhasilan Usaha pada Martabak Bangka Terang Bulan Menara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan E-commerce dan Inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keberhasilan Usaha pada Martabak Bangka Terang Bulan Menara berdasarkan nilai Fhitung (71.037) > Ftabel (3.09) dengan singnifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara Penggunaan E-commerce dan Inovasi secara silmutan terhadap Keberhasilan Usaha pada Martabak Bangka Terang Bulan Menara. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square atau Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,602. Hal ini berarti kontribusi pengaruh E-commerce dan Inovasi adalah 60,2 % terhadap Keberhasilan Usaha sedangkan sisanya yaitu sebesar 39,8 % dipengaruhi oleh variabel – variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : E-commerce, Inovasi, Keberhasilan Usaha

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:08
Last Modified: 19 Aug 2024 08:08
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item View Item