ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. MASTERBAN BERKAT INDONESIA

Febi Engeline (2023) ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. MASTERBAN BERKAT INDONESIA. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
191010023_FULLTEXT(1) - Febi Engeline.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Febi Engeline, 191010023, 2023. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Masterban Berkat Indonesia. STIE Eka Prasetya Medan, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Ibu Dra. Pesta Gultom, M.M., Pembimbing II: Bapak Dedy Lazuardi, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Kepercayaan, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Masterban Berkat Indonesia. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah PT. Masterban Berkat Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada PT. Masterban Berkat Indonesia selama periode 2017-2021 yang jumlahnya tidak pasti atau tidak dapat diketahui. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Hair dan berjumlah 95 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi Kepuasan Konsumen = -7,299 + 0,345 Kepercayaan + 0,489 Kualitas Pelayanan + 0,204 Harga + e. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel Kepercayaan berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Masterban Berkat Indonesia dimana thitung 4,472 > ttabel 1,987, variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Masterban Berkat Indonesia dimana thitung 6,062 > ttabel 1,987 dan variabel Harga berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Masterban Berkat Indonesia dimana thitung 2,855 > ttabel 1,987. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Fhitung 76,091 > Ftabel 2,70 yang berarti variabel bebas yaitu Kepercayaan, Kualitas Pelayanan dan Harga secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Kepuasan Konsumen pada PT. Masterban Berkat Indonesia. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 70,60% variabel Kepuasan Konsumen pada PT. Masterban Berkat Indonesia dipengaruhi oleh variabel Kepercayaan, Kualitas Pelayanan dan Harga, sedangkan sisanya sebesar 29,40% dijelaskan oleh pengaruh faktor lain atau variabel di luar model Citra Merek, Kualitas Produk dan Atribut Produk yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 20 Aug 2024 07:30
Last Modified: 20 Aug 2024 07:30
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/461

Actions (login required)

View Item View Item