PENGARUH HARGA DAN CITA RASA MAKANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI MAKANAN DI RUMAH MAKAN PECEL LELE MAMA SUKA

Vivian (2023) PENGARUH HARGA DAN CITA RASA MAKANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI MAKANAN DI RUMAH MAKAN PECEL LELE MAMA SUKA. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
191010017_FULLTEXT(1) - Viviana Ong.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Vivian, 191010017, 2023, Pengaruh Harga Dan Cita Rasa Makanan Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Makanan Di Rumah Makan Pecel Lele Mama Suka, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dr. Sri Rezeki, S.E., M.Si., Pembimbing II: Desma Erica Maryati M S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga Dan Cita Rasa Makanan Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Makanan Di Rumah Makan Pecel Lele Mama Suka. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Dikarenakan populasi dari yang tidak diketahui dan bias jumlah konsumen yang melakukan pembelian, maka menurut Hair, dkk (2017) merekemondasikan dimana jumlah dari sampel minimal adalah 5 kali dan maksimal adalah 10 kali jumlah indikator. Dalam penelitian terdapat 15 indikator, maka jumlah indikator yang digunakan adalah: Sampel minimum = jumlah indikator x 5 = 15 x 5 = 75 responden, Sampel maksimum = jumlah indikator x 10 = 15 x 10 = 150 responden. Pada penelitian ini peneliti menentukan jumlah sampel yang akan digunakan adalah sebanyak 75 responden dari konsumen Pecel Lele Mama Suka, sedangkan teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan accidental sampling dimana konsumen yang ditemui terlebih dahulu secara kebetulan akan dijadikan sebagai sampel. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 28,386 - 0,176 Harga - 0,438 Cita Rasa + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa variabel nilai thitung > ttabel dengan signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan secara parsial antara Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Pecel Lele Mama Suka. Nilai thitung > ttabel dengan signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Cita Rasa terhadap Keputusan Pembelian pada Pecel Lele Mama Suka. Nilai Fhitung > Ftabel dengan signifikansi sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Harga dan Cita Rasa secara simultan terhadap Keputusan Pembelian pada Pecel Lele Mama Suka. Nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,400 artinya variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Harga dan Cita Rasa sebesar 40% sedangkan sisanya 60% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti lokasi, promosi, kualitas layanan dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Harga, Cita Rasa, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 20 Aug 2024 08:13
Last Modified: 20 Aug 2024 08:13
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/464

Actions (login required)

View Item View Item