PENGARUH HARGA, IKLAN, DAN PEMASARAN RELASIONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA TOKO BERKAT

Marcella Giovanni (2022) PENGARUH HARGA, IKLAN, DAN PEMASARAN RELASIONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA TOKO BERKAT. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI_MARCO (1)_181010061.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Marcella Giovanni, 181010062, 2022, Pengaruh Harga, Iklan dan Pemasaran Relasional Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Toko Berkat, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I : Dr. Sri. Rezeki, S.E., M.Si. Pembimbing II : Ihdina Gustina, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Berkat, mengetahui pengaruh Iklan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Berkat, mengetahui pengaruh Pemasaran Relasional terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Berkat, mengetahui pengaruh Harga, Iklan dan Pemasaran Relasional terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Berkat. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada toko yang melakukan pembelian pada Pemasaran Relasional Toko Berkat, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian merupakan seluruh pelanggan yang melakukan pembelian pada perusahaan sebanyak 108 pelanggan. Dengan menggunakan sampel jenuh maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 108 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 13,378 - 0,218 Harga + 0,448 Iklan + 0,688 Pemasaran Relasional + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Harga memilikinilai -thitung (-2,147) < ttabel (-1,983) dengan tingkat signifikan 0,034 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan secara parsial antara Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Berkat. Hasil analisis menunjukkan Iklan memiliki nilai thitung (5,334) > ttabel (1,983) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Iklan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Berkat. Hasil analisis menunjukkan Pemasaran Relasional memiliki nilai thitung (5,439) > ttabel (1,983) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Pemasaran Relasional terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Berkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga, Iklan dan Pemasaran Relasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Berkat berdasarkan nilai Fhitung (26,584) > Ftabel (2,69) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara Harga, Iklan dan Pemasaran Relasional secara simultan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Berkat. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai Adjust R Square (Adjusted R2) atau koefisien determinasi yang telah terkorelasi dengan jumlah variabel dan ukuran sampel sehingga dapat mengurangi unsur bias jika terjadi penambahan variabel maupun penambahan ukuran sampel yang diperoleh adalah sebesar 0,418. Hal ini berarti besarnya pengaruh Harga, Iklan dan Pemasaran Relasional terhadap Keputusan Pembelian adalah sebesar 41,8% sedangkan sisanya 58,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kualitas produk, promosi penjualan, penjualan personal, dan sebagainya. Kata Kunci : Harga, Iklan, Pemasaran Relasional, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2024 12:50
Last Modified: 21 Aug 2024 12:50
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item View Item