PENGARUH HARGA GROSIR DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI DITOKO SUKSES PLASINDO

Louis Alexander Wilson (2022) PENGARUH HARGA GROSIR DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI DITOKO SUKSES PLASINDO. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
LOUIS_181010249.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Louis Alexander Wilson, 181010249, 2022, Pengaruh Harga Grosir dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Di Toko Sukses Plasindo, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Bambang Sutejo, S.Kom., M.M., Pembimbing II: Muhammad Ali Akbar, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga terhadap Keputusan Membeli pada Toko Sukses Plasindo, mengetahui pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Membeli pada Toko Sukses Plasindo, mengetahui pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Membeli pada Toko Sukses Plasindo. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2021 sebanyak 1.392 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 93 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Membeli = 25,026 - 0,183 Harga + 0,570 Kualitas Produk + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Harga memiliki nilai thitung (2,289) > ttabel (1,984) dengan tingkat signifikan 0,024 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Harga terhadap Keputusan Membeli pada Toko Sukses Plasindo. Hasil analisis menunjukkan Kualitas Produk memiliki nilai thitung (7,219) > ttabel (1,984) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Kualitas Produk terhadap Keputusan Membeli pada Toko Sukses Plasindo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Membeli pada Toko Sukses Plasindo berdasarkan hasnilai Fhitung (36,257) > Ftabel (3,09) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Harga dan Kualitas Produk secara simultan terhadap Keputusan Membeli pada Toko Sukses Plasindo. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,446 artinya variabel Keputusan Membeli dapat dijelaskan oleh variabel Harga dan Kualitas Produk sebesar 44,6% sedangkan sisanya 55,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti promosi penjualan, persepsi nilai, kualitas layanan, loyalitas konsumen dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Keputusan Membeli

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 22 Aug 2024 06:16
Last Modified: 22 Aug 2024 06:16
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/482

Actions (login required)

View Item View Item