PENGARUH LOKASI DAN HARGA TERHADAP TINGKAT PENJUALAN UMKM KAWASAN MARTUBUNG (STUDI KASUS PADA UMKM PONSEL)

Lorenzo (2022) PENGARUH LOKASI DAN HARGA TERHADAP TINGKAT PENJUALAN UMKM KAWASAN MARTUBUNG (STUDI KASUS PADA UMKM PONSEL). Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
Skripsi_Lorenzo(1)_181010243.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Lorenzo, 181010243, 2022, Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Tingkat Penjualan UMKM Kawasan Martubung (Studi Kasus Pada UMKM Ponsel), STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dra. Pesta Gultom, M.M., Pembimbing II: Muhammad Ali Akbar, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lokasi terhadap Tingkat Penjualan pada UMKM Ponsel Kawasan Martubung, mengetahui pengaruh Harga terhadap Tingkat Penjualan pada UMKM Ponsel Kawasan Martubung, mengetahui pengaruh Lokasi dan Harga terhadap Tingkat Penjualan pada UMKM Ponsel Kawasan Martubung. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada toko ponsel kawasan Martubung selama tahun 2021 yang jumlahnya tidak diketahui atau bias. Dengan menggunakan rumus Hairs dengan tingkat kesalahan 5%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 120 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Tingkat Penjualan = 19,289 + 0,283 Lokasi - 0,243 Harga + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Lokasi memiliki pengaruh nilai thitung (4,362) > ttabel (1,980) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Lokasi terhadap Tingkat Penjualan pada Toko. Hasil analisis menunjukkan Harga memiliki nilai thitung (4,425) > ttabel (1,980) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan secara parsial antara Harga terhadap Tingkat Penjualan pada Toko. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lokasi dan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tingkat Penjualan pada UMKM Ponsel Kawasan Martubung berdasarkan nilai Fhitung (37,089) > Ftabel (3,07) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Lokasi dan Harga secara simultan terhadap Tingkat Penjualan pada Toko. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai Adjusted R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,378 artinya variabel Tingkat Penjualan dapat dijelaskan oleh variabel Lokasi dan Harga sebesar 37,8% sedangkan sisanya 62,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti promosi, kualitas produk, layanan, kepuasan dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Lokasi, Harga, Tingkat Penjualan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 22 Aug 2024 06:30
Last Modified: 22 Aug 2024 06:30
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/483

Actions (login required)

View Item View Item