PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA UMKM MARTABAK LA PIRING MEDAN

Kimton (2022) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA UMKM MARTABAK LA PIRING MEDAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
SKRIPSI_KIMTON(1)181010248.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Kimton, 181010248, 2022, Pengaruh Kualitas Produk dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Martabak La Piring, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Muhammad Ali Akbar, S.E., M.M., Pembimbing II: Irvan Rolyesh Situmorang, S.E., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Martabak La Piring, mengetahui pengaruh Periklanan terhadap Keputusan Pembelian pada Martabak La Piring, mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Periklanan terhadap Keputusan Pembelian pada Martabak La Piring. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada Martabak La Piring selama periode 2021 sebanyak 9.239 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 99 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 18,295 + 0,230 Kualitas Produk + 0,353 Periklanan + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Produk memiliki nilai thitung (3,296) > ttabel (1,985) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Martabak La Piring. Hasil analisis menunjukkan Periklanan memiliki nilai thitung (5,535) > ttabel (1,985) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Periklanan terhadap Keputusan Pembelian pada Martabak La Piring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Produk dan Periklanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Martabak La Piring berdasarkan nilai Fhitung (26,545) > Ftabel (3,07) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Produk dan Periklanan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian pada Martabak La Piring. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,446 artinya variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Kualitas Produk dan Periklanan sebesar 34,3% sedangkan sisanya 65,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kualitas layanan, kepuasan, loyalitas, perilaku konsumen, promosi dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Kualitas Produk, Periklanan, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Physics
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 23 Aug 2024 10:59
Last Modified: 23 Aug 2024 10:59
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item