PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MENGGUNAKAN JASA EMKL PT. DAYA EIKA SAMUDRA

Jessie (2022) PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MENGGUNAKAN JASA EMKL PT. DAYA EIKA SAMUDRA. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI_JESSIE(1)181010038.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Jessie, 181010038, 2022, Pengaruh Penetapan Harga dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Menggunakan Jasa EMKL PT. Daya Eika Samudra, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Ihdina Gustina, S.E., M.M., Pembimbing II: Muammar Rinaldi, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penetapan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Daya Eika Samudra, mengetahui pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Daya Eika Samudra, mengetahui pengaruh Penetapan Harga dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Daya Eika Samudra. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh pelanggan yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2020 sampai 2021 sebanyak 1.928 pelanggan. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 95 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Loyalitas Pelanggan = 20,581 - 0,123 Penetapan Harga + 0,244 Kepuasan Pelanggan + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Penetapan Harga memiliki nilai thitung (2,213) > ttabel (1,661) dengan tingkat signifikan 0,029 < 0,1 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan secara parsial antara Penetapan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Daya Eika Samudra. Hasil analisis menunjukkan Kepuasan Pelanggan memiliki nilai thitung (2,618) > ttabel (1,661) dengan tingkat signifikan 0,010 < 0,1 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Daya Eika Samudra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penetapan Harga dan Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Daya Eika Samudra berdasarkan nilai Fhitung (7,368) > Ftabel (2,36) dengan signifikansi 0,001 < 0,1 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Penetapan Harga dan Kepuasan Pelanggan secara simultan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Daya Eika Samudra. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,138 artinya variabel Loyalitas Pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel Penetapan Harga dan Kepuasan Pelanggan sebesar 13,8% sedangkan sisanya 86,2 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kualitas layanan, promosi, perilaku konsumen dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Penetapan Harga, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 26 Aug 2024 10:36
Last Modified: 26 Aug 2024 10:36
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item View Item