ANALISA LOKASI UMKM DAN HARGA DALAM MENARIK PEMBELIAN KONSUMEN PADA UMKM JAYA SUKSES MEDAN

Jenifer (2022) ANALISA LOKASI UMKM DAN HARGA DALAM MENARIK PEMBELIAN KONSUMEN PADA UMKM JAYA SUKSES MEDAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
SKRIPSI_JENIFER(1)181010111.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Jenifer, 181010111, 2022, Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Pembelian Pada Jaya Sukses Medan, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Elisabeth Nainggolan, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II: Bambang Sutejo, S.Kom., S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lokasi terhadap Pembelian pada Jaya Sukses Medan, mengetahui pengaruh Harga terhadap Pembelian pada Jaya Sukses Medan, mengetahui pengaruh Lokasi dan Harga terhadap Pembelian pada Jaya Sukses Medan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Pop Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2020 sebanyak 7.392 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 99 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 31,067 + 0,452 Lokasi - 0,337 Harga + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Lokasi memiliki nilai thitung (9,109) > ttabel (1,985) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Jaya Sukses. Hasil analisis menunjukkan Harga memiliki nilai thitung (9,109) > ttabel (1,985) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Jaya Sukses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lokasi dan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pembelian pada Jaya Sukses Medan berdasarkan nilai Fhitung (72,695) > Ftabel (3,07) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Lokasi dan Harga secara simultan terhadap Keputusan Pembelian pada Jaya Sukses. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,602 artinya variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Lokasi dan Harga sebesar 60,2% sedangkan sisanya 39,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kegiatan promosi, kualitas produk, layanan, kepuasan dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Lokasi, Harga, Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 26 Aug 2024 11:25
Last Modified: 26 Aug 2024 11:25
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/532

Actions (login required)

View Item View Item