PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PT. WIJAYA RISKISMAS TUNGGAL MEDAN

Hasan (2022) PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PT. WIJAYA RISKISMAS TUNGGAL MEDAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI_HENDRIK(1)181010103.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Hasan, 181010228, 2022, Pengaruh Saluran Distribusi dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Wijaya Riskismas Tunggal, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Bambang Sutejo, S.E., M.M., Pembimbing II: Dra. Pesta Gultom, M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Saluran Distribusi terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Wijaya Riskismas Tunggal, mengetahui pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Wijaya Riskismas Tunggal, mengetahui pengaruh Saluran Distribusi dan Kepuasan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Wijaya Riskismas Tunggal. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh pelanggan yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2021 sebanyak 244 pelanggan. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 152 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 17,285 + 0,158 Saluran Distribusi + 0,378 Kepuasan Pelanggan + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Saluran Distribusi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Wijaya Riskismas Tunggal berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 2,544 > ttabel 1,976. Hasil analisis menunjukkan Kepuasan Pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Wijaya Riskismas Tunggal berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 5,152 > ttabel 1,976. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Saluran Distribusi dan Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Wijaya Riskismas Tunggal berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan yaitu sebesar Fhitung 38,795 > Ftabel 3,06. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,342 artinya variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Saluran Distribusi dan Kepuasan Pelanggan sebesar 34,2% sedangkan sisanya 65,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kualitas pelayanan, loyalitas, penetapan harga, kualitas produk dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Saluran Distribusi, Kepuasan Pelanggan, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:01
Last Modified: 27 Aug 2024 08:01
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/540

Actions (login required)

View Item View Item