ANALISIS PENGARUH MOTIVASI DIRI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN USAHA TOKO CAHAYA AUDIO

Hammam Wafi (2022) ANALISIS PENGARUH MOTIVASI DIRI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN USAHA TOKO CAHAYA AUDIO. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI(1)HANDY_181010201.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Hammam Wafi, 171010060, 2022, Analisis Pengaruh Motivasi Diri dan Efikasi Diri Terhadap Peningkatan Penjualan Usaha Toko Cahaya Audio, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Elisabeth Nainggolan, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II: Muhammad Ali Akbar, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Diri terhadap Peningkatan Penjualan pada Toko Cahaya Audio, mengetahui pengaruh Efikasi Diri terhadap Peningkatan Penjualan pada Toko Cahaya Audio, mengetahui pengaruh Motivasi Diri dan Efikasi Diri terhadap Peningkatan Penjualan pada Toko Cahaya Audio. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada Cahaya Audio pada tahun 2020 dengan jumlah sebanyak 3.249 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 97 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Peningkatan Penjualan = 1,705 + 0,346 Motivasi Diri + 0,507 Efikasi Diri + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Motivasi Diri memiliki nilai thitung (2,752) > ttabel (1,986) dengan tingkat signifikan 0,007 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Motivasi Diri terhadap Peningkatan Penjualan pada Toko Cahaya Audio. Hasil analisis menunjukkan Efikasi Diri memiliki nilai thitung (4,353) > ttabel (1,986) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Efikasi Diri terhadap Peningkatan Penjualan pada Toko Cahaya Audio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi Diri dan Efikasi Diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Penjualan pada Toko Cahaya Audio berdasarkan nilai Fhitung (31,171) > Ftabel (3,07) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Motivasi Diri dan Efikasi Diri secara simultan terhadap Peningkatan Penjualan pada Toko Cahaya Audio. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,399 artinya variabel Peningkatan Penjualan dapat dijelaskan oleh variabel Motivasi Diri dan Efikasi Diri sebesar 39,9% sedangkan sisanya 60,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti pengetahuan, pengalaman, semangat dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Motivasi Diri, Efikasi Diri, Peningkatan Penjualan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 27 Aug 2024 10:37
Last Modified: 27 Aug 2024 10:37
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/548

Actions (login required)

View Item View Item