PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI BENGKEL KOKO MOTOR

Gerry Chandra (2022) PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI BENGKEL KOKO MOTOR. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI(1)Grace Marcela_181010207.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Gerry Chandra, 181010173, 2022, Pengaruh Diferensiasi Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Bengkel Koko Motor, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I : Dr. Sri Rezeki, S.E., M.Si., Pembimbing II : Elisabeth Nainggolan, S.pd., M.Sc Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Diferensiasi Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Bengkel Koko Motor. Metodologi penelitian yang dilakukan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil kuesioner kepada konsumen di Bengkel Koko Motor, data sekunder diperoleh dari data literatur yang berkenan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di Bengkel Koko Motor pada 2022 yang berjumlah tidak diketahui. Dengan menggunakan rumus hair et al (2017) jumlah minimum sampel yang sebaiknya dipakai adalah 10 kali dari jumlah seluruh panah variabel laten pada model jalur atau 10 kali dari jumlah indikator dengan tingkat kesalahan 5%, maka diperoleh jumlah sample sebanyak 170 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menghasilkan persamaan Keputusan Pembelian = 8.193 + 0.638 Diferensiasi Produk + 0.171 Lokasi. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Diferensiasi Produk memiliki pengaruh signifikan dan positif Keputusan Pembelian di Bengkel Koko Motor berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung (11.163)> ttabel (1.973). Hasil analisis menunjukkan kualitas Lokasi memiliki pengaruh signifikan dan positif Keputusan Pembelian di Bengkel Koko Motor berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung (2.797) > ttabel (1.974). Hasil penelitian menujukkan bahwa Diferensiasi Produk dan Lokasi berpengaruh signifikan dan positif Keputusan Pembelian di Bengkel Koko Motor berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan yaitu sebesar Fhitung (69.170) > Ftabel (2.66). Hasil penilitian didukung oleh nilai R square (R2) = 0.453 atau 45,3%yang artinya variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Diferensiasi Produk dan Lokasi sebesar 45,3% sedangkan sisanya 54,7% dipengaruhi oleh faktor- faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kualitas pelayanan, keputusan pelanggan, diskon, komunikasi dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci : Diferensisasi Produk, Lokasi, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 27 Aug 2024 10:58
Last Modified: 27 Aug 2024 10:58
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item