PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN KETERSEDIAAN BARANG TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. STAR SPARTA INDONESIA

Ellyn (2022) PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN KETERSEDIAAN BARANG TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. STAR SPARTA INDONESIA. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI_ELLYN(1)181010288.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Ellyn, 181010288, 2022, Pengaruh Pengetahuan Produk dan Ketersediaan Barang Terhadap Volume Penjualan Pada PT.Star Sparta Indonesia, STIE Eka Prasetya, Progam Studi Manajemen, Pembimbing I : Dr. Sri Rezeki, S.E., M.Si. Pembimbing II : Elisabeth Nainggolan, S.Pd., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Pengetahuan Produk terhadap Volume Penjualan pada PT.Star Sparta Indonesia, mengetahui pengaruh Ketersediaan Barang terhadap Volume Penjualan pada PT.Star Sparta Indonesia, mengetahui pengaruh Pengetahuan Produk dan Ketersediaan Barang terhadap Volume Penjualan pada PT.Star Sparta Indonesia. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada pelanggan PT.Star Sparta Indonesia, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh toko yang berada di Medan yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2018-2020 sebanyak 127 toko. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5% maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 96 responden. Data analisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Volume Penjualan = 7,910 + 0,343 Pengetahuan Produk + 0,384 Ketersediaan Barang + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan Produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Volume Penjualan pada PT.Star Sparta Indonesia berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 4,697 > ttabel 1,985. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwan Ketersediaan Barang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Volume Penjualan berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 45,163 > ttabel 1,98498. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan Produk dan Ketersediaan Barang berpengaruh positif dan signifikan terhadap Volume Penjualan pada PT.Star Sparta Indonesia berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan yaitu sebesar Fhitung 119,279 > Ftabel 3,09. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R square (R2) = 0,711 artinya variabel Volume Penjualan dapat dijelaskan oleh variabel Pengetahuan Produk dan Ketersediaan Barang sebesar 71,1% sedangkan sisanya 28,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kualitas pelayanan, promosi, citra merek dan variabel lainnya. Kata Kunci: Pengetahuan Produk, Ketersediaan Barang, Volume Penjualan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 29 Aug 2024 08:05
Last Modified: 29 Aug 2024 08:05
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item View Item