PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT. SINAR GEMILANG PERDANA MANDIRI

Eka Julina (2022) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT. SINAR GEMILANG PERDANA MANDIRI. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI_ELLYN(1)181010288.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Eka Julina, 181010029, 2022, Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Sinar Gemilang Perdana Mandiri, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Ihdina Gustina, S.E., M.M., Pembimbing II: Bambang Sutejo, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Sinar Gemilang Perdana Mandiri, mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Sinar Gemilang Perdana Mandiri, mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Sinar Gemilang Perdana Mandiri. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh pelanggan yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2020 sebanyak 1.003 pelanggan. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 91 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Loyalitas Pelanggan = 1,691 + 0,490 Kualitas Produk + 0,340 Kualitas Pelayanan + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Produk memiliki nilai thitung (6,044) > ttabel (1,986) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Sinar Gemilang Perdana Mandiri. Hasil analisis menunjukkan Kualitas Pelayanan memiliki nilai thitung (4,036) > ttabel (1,986) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Sinar Gemilang Perdana Mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Sinar Gemilang Perdana Mandiri berdasarkan nilai Fhitung (22,294) > Ftabel (3,10) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan secara simultan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Sinar Gemilang Perdana Mandiri. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,336 artinya variabel Loyalitas Pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan sebesar 33,6% sedangkan sisanya 66,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti persepsi harga, distribusi, kepuasan, lokasi, promosi dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 29 Aug 2024 08:33
Last Modified: 29 Aug 2024 08:33
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item View Item