ANALISIS PERSONAL SELLING, KUALITAS PELAYANAN DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PRODUK PT. SARIWANGI SUKSES SEJAHTERA

Charles Sukiyanto (2022) ANALISIS PERSONAL SELLING, KUALITAS PELAYANAN DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PRODUK PT. SARIWANGI SUKSES SEJAHTERA. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
SKRIPSI(1)CHELIN_181010005.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Charles Sukiyanto, 181010277, 2022, Pengaruh Personal Selling, Kualitas Pelayanan dan Saluran Distribusi Terhadap Tingkat Penjualan Produk PT. Sariwangi Sukses Sejahtera, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I : Bambang Sutejo, S.Kom., S.E., M.M. Pembimbing II : Muhammad Ali Akbar, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Personal Selling terhadap Tingkat Penjualan pada PT. Sariwangi Sukses Sejahtera, mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Penjualan pada PT. Sariwangi Sukses Sejahtera, mengetahui pengaruh Saluran Distribusi terhadap Tingkat Penjualan pada PT. Sariwangi Sukses Sejahtera, mengetahui pengaruh Personal Selling, Kualitas Pelayanan dan Saluran Distribusi terhadap Tingkat Penjualan pada PT. Sariwangi Sukses Sejahtera. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada toko yang melakukan pembelian pada Saluran Distribusi PT. Sariwangi Sukses Sejahtera, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh toko yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2020 sebanyak 1.037 toko. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 91 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Tingkat Penjualan = 0,572 + 0,185 Personal Selling + 0,337 Kualitas Pelayanan + 0,146 Saluran Distribusi + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Personal Selling memiliki pengaruh nilai thitung (2,196) > ttabel (1,987) dengan tingkat signifikan 0,031 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Personal Selling terhadap Tingkat Penjualan pada PT. Sariwangi Sukses Sejahtera. Hasil analisis menunjukkan Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh nilai thitung (5,823) > ttabel (1,987) dengan tingkat signifikan 0,015 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Penjualan pada PT. Sariwangi Sukses Sejahtera. Hasil analisis menunjukkan Saluran Distribusi memiliki pengaruh nilai thitung (2,102) > ttabel (1,987) dengan tingkat signifikan 0,038 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Saluran Distribusi terhadap Tingkat Penjualan pada PT. Sariwangi Sukses Sejahtera. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Personal Selling, Kualitas Pelayanan dan Saluran Distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tingkat Penjualan pada PT. Sariwangi Sukses Sejahtera berdasarkan nilai Fhitung (16,652) > Ftabel (2,71) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara Personal Selling, Kualitas Pelayanan dan Saluran Distribusi secara simultan terhadap Tingkat Penjualan pada PT. Sariwangi Sukses Sejahtera. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai Adjust R Square (Adjusted R2) atau koefisien determinasi yang telah terkorelasi dengan jumlah variabel dan ukuran sampel sehingga dapat mengurangi unsur bias jika terjadi penambahan variabel maupun penambahan ukuran sampel yang diperoleh adalah sebesar 0,343. Hal ini berarti besarnya pengaruh Personal Selling, Kualitas Pelayanan dan Saluran Distribusi terhadap Tingkat Penjualan adalah sebesar 34,3% sedangkan sisanya 65,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kualitas produk, periklanan, penjualan personal, penetapan harga, kepuasan dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci : Personal Selling, Kualitas Pelayanan, Saluran Distribusi, Tingkat Penjualan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 05 Sep 2024 08:45
Last Modified: 05 Sep 2024 08:45
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/605

Actions (login required)

View Item View Item