PENGARUH LOYALITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PBJ REFRACTORY AND INSULATION

Charlene Yundy Firdaus (2022) PENGARUH LOYALITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PBJ REFRACTORY AND INSULATION. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
SKRIPSI(1)CHARLENE_181010023.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Charlene Yundy Firdaus, 181010023, 2022, Pengaruh Loyalitas dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PBJ Refractory and Insulation, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dr. Sri Rezeki, S.E., M.Si., Pembimbing II: Elisabeth Nainggolan, S.Pd., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Loyalitas terhadap Keputusan Pembelian pada PBJ Refractory and Insulation, mengetahui pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian pada PBJ Refractory and Insulation, mengetahui pengaruh Loyalitas dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada PBJ Refractory and Insulation. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh pelanggan yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2020 sebanyak 127 pelanggan. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 96 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 32,101 + 0,412 Loyalitas - 0,336 Harga + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Loyalitas memiliki nilai thitung (4,369) > ttabel (1,986) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Loyalitas terhadap Keputusan Pembelian pada PBJ Refractory and Insulation. Hasil analisis menunjukkan Harga memiliki nilai thitung (4,273) > ttabel (1,986) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan secara parsial antara Harga terhadap Keputusan Pembelian pada PBJ Refractory and Insulation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Loyalitas dan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada PBJ Refractory and Insulation berdasarkan nilai Fhitung (22,598) > Ftabel (3,10) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Loyalitas dan Harga secara simultan terhadap Keputusan Pembelian pada PBJ Refractory and Insulation. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,313 artinya variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Loyalitas dan Harga sebesar 31,3% sedangkan sisanya 68,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kualitas pelayanan, promosi, kepuasan, kualitas produk dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Loyalitas, Harga, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 05 Sep 2024 08:59
Last Modified: 05 Sep 2024 08:59
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/606

Actions (login required)

View Item View Item