PENGARUH ATRIBUT PRODUK, PROMOSI DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE BUKALAPAK (STUDI KASUS PADA MAHASISWA/I STIE EKA PRASETYA MEDAN)

Catherine (2022) PENGARUH ATRIBUT PRODUK, PROMOSI DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE BUKALAPAK (STUDI KASUS PADA MAHASISWA/I STIE EKA PRASETYA MEDAN). Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI(1)CATHERINE_181010039.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Catherine, 181010039, 2022, Pengaruh Atribut Produk, Promosi dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Bukalapak (Studi Kasus Pada Mahasiswa/I STIE Eka Prasetya Medan), STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dr. Sri Rezeki, S.E., M.Si. Pembimbing II: Elisabeth Nainggolan, S.Pd., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Bukalapak, mengetahui pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Bukalapak, mengetahui pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Bukalapak, mengetahui pengaruh Atribut Produk, Promosi dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Bukalapak. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa STIE Eka Prasetya angkatan 2018 sampai dengan 2021 sebanyak 1.173 mahasiswa. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 92 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 3,066 + 0,341 Atribut Produk + 0,307 Promosi + 0,390 Kepercayaan Konsumen + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Atribut Produk memiliki nilai thitung (5,004) > ttabel (1,661) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,1 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Bukalapak. Hasil analisis menunjukkan Promosi memiliki nilai thitung (4,462) > ttabel (1,661) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,1 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Bukalapak. Hasil analisis menunjukkan Kepercayaan Konsumen memiliki nilai thitung (4,177) > ttabel (1,661) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,1 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Bukalapak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Atribut Produk, Promosi dan Kepercayaan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Bukalapak berdasarkan nilai Fhitung (23,488) > Ftabel (2,15) dengan signifikansi 0,00 < 0,1 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara Atribut Produk, Promosi dan Kepercayaan Konsumen secara simultan terhadap Keputusan Pembelian pada Bukalapak. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai Adjust R Square (Adjusted R2) atau koefisien determinasi yang telah terkorelasi dengan jumlah variabel dan ukuran sampel sehingga dapat mengurangi unsur bias jika terjadi penambahan variabel maupun penambahan ukuran sampel yang diperoleh adalah sebesar 0,426. Hal ini berarti besarnya pengaruh Atribut Produk, Promosi dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian adalah sebesar 42,6% sedangkan sisanya 57,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti layanan, harga, perilaku konsumen, loyalitas, kepuasan dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Atribut Produk, Promosi, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 05 Sep 2024 10:17
Last Modified: 05 Sep 2024 10:17
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/608

Actions (login required)

View Item View Item