PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN IKLAN DI MEDIA SOSIAL TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PRODUK UMKM KOTA MEDAN

Budi Purnomo (2022) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN IKLAN DI MEDIA SOSIAL TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PRODUK UMKM KOTA MEDAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
SKRIPSI(1)BUDI_181010160.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Budi Purnomo, 181010160, 2022, Pengaruh Orientasi Pasar dan Iklan di Media Sosial Terhadap Tingkat Penjualan Produk UMKM Kota Medan (Studi Kasus Pada UD Jaya Makmur Medan), STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dr. Hasyim S.Ag., S.E., M.M., Pembimbing II: Muhammad Ali Akbar, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Orientasi Pasar terhadap Tingkat Penjualan pada UD Jaya Makmur, mengetahui pengaruh Iklan terhadap Tingkat Penjualan pada UD Jaya Makmur, mengetahui pengaruh Orientasi Pasar dan Iklan terhadap Tingkat Penjualan pada UD Jaya Makmur. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh pelanggan yang Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada UD Jaya Makmur Medan selama periode 2020 sebanyak 12.642 orang. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 99 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Tingkat Penjualan = 0,820 + 0,299 Orientasi Pasar + 0,351 Iklan + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Orientasi Pasar memiliki nilai thitung (2,181) > ttabel (1,984) dengan tingkat signifikan 0,032 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Orientasi Pasar terhadap Tingkat Penjualan pada UD Jaya Makmur. Hasil analisis menunjukkan Iklan memiliki nilai thitung (4,650) > ttabel (1,984) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Iklan terhadap Tingkat Penjualan pada UD Jaya Makmur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Orientasi Pasar dan Iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tingkat Penjualan pada UD Jaya Makmur berdasarkan nilai Fhitung (35,503) > Ftabel (3,10) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Orientasi Pasar dan Iklan secara simultan terhadap Tingkat Penjualan pada UD Jaya Makmur. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,413 artinya variabel Tingkat Penjualan dapat dijelaskan oleh variabel Orientasi Pasar dan Iklan sebesar 41,3% sedangkan sisanya 58,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar variabel yang diteliti seperti kualitas produk, periklanan, diskon, lokasi, harga, kepuasan dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Orientasi Pasar, Iklan, Tingkat Penjualan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 06 Sep 2024 10:14
Last Modified: 06 Sep 2024 10:14
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/612

Actions (login required)

View Item View Item