PENGARUH DESAIN PRODUK DAN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG (STUDI KASUS PADA MAHASISWA/I STIE EKA PASETYA - MEDAN)

Arvin Tannedy (2022) PENGARUH DESAIN PRODUK DAN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG (STUDI KASUS PADA MAHASISWA/I STIE EKA PASETYA - MEDAN). Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
(1)ARVIN TANNEDY_181010210_MJM.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Arvin Tannedy, 181010210, 2022. Pengaruh Desain Produk dan Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i STIE Eka Prasetya - Medan). STIE Eka Prasetya Medan, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Ibu Dr. Sri Rezeki, S.E., M.Si., Pembimbing II: Ibu Elisabeth Nainggolan, S.Pd., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Desain Produk dan Advertising terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung pada mahasiswa/i STIE Eka Prasetya - Medan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah STIE Eka Prasetya - Medan serta unit observasinya adalah mahasiswa/i STIE Eka Prasetya - Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i STIE Eka Prasetya - Medan sebanyak 216 responden. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dan berjumlah 140 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi Keputusan Pembelian = 1,884 + 1,068 Desain Produk + 0,400 Advertising + e. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel Desain Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung pada mahasiswa/i STIE Eka Prasetya - Medan dimana thitung 10,707 > ttabel 1,977 dan variabel Advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung pada mahasiswa/i STIE Eka Prasetya - Medan dimana thitung 5,658 > ttabel 1,977. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Fhitung 155,403 > Ftabel 3,06 yang berarti variabel bebas yaitu Desain Produk dan Advertising secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Keputusan Pembelian Smartphone Samsung pada mahasiswa/i STIE Eka Prasetya - Medan. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 69,40% variabel Keputusan Pembelian Smartphone Samsung pada mahasiswa/i STIE Eka Prasetya - Medan dipengaruhi oleh variabel Desain Produk dan Advertising, sedangkan sisanya sebesar 30,60% dijelaskan oleh pengaruh faktor lain atau variabel di luar model seperti Kualitas Pelayanan, Harga dan Saluran Distribusi yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Kata Kunci: Desain Produk, Advertising, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 06 Sep 2024 11:36
Last Modified: 06 Sep 2024 11:36
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/618

Actions (login required)

View Item View Item