PENGARUH SIKAP DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN UMKM (STUDI KASUS PADA APOTEK MUTIARA FARMA)

Angelina (2022) PENGARUH SIKAP DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN UMKM (STUDI KASUS PADA APOTEK MUTIARA FARMA). Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
SKRIPSI(1)ANGELINA_181010282.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Angelina, 181010282, 2022, Pengaruh Sikap dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen UMKM (Studi Kasus Pada Apotek Mutiara Farma), STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Muammar Rinaldi, S.Pd., M.Si., Pembimbing II: Irvan Rolyesh Situmorang, S.E., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sikap terhadap Kepuasan Konsumen pada Apotek Mutiara Farma, mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Apotek Mutiara Farma, mengetahui pengaruh Sikap dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Apotek Mutiara Farma. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada Apotek Mutiara Farm selama periode 2020 sebanyak 11.426 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Kepuasan Konsumen = 13,035 + 0,335 Sikap + 0,395 Kualitas Pelayanan + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Sikap memiliki pengaruh nilai thitung (4,794) > ttabel (1,984) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Sikap terhadap Kepuasan Konsumen pada Apotek Mutiara Farma. Hasil analisis menunjukkan Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh nilai thitung (5,079) > ttabel (1,984) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Apotek Mutiara Farma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sikap dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada Apotek Mutiara Farma berdasarkan nilai Fhitung (34,928) > Ftabel (3,09) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Sikap dan Kualitas Pelayanan secara simultan terhadap Kepuasan Konsumen pada Apotek Mutiara Farma. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,407 artinya variabel Kepuasan Konsumen dapat dijelaskan oleh variabel Sikap dan Kualitas Pelayanan sebesar 40,7% sedangkan sisanya 59,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti pengetahuan, loyalitas, kualitas produk, kepercayaan dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Sikap, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 09 Sep 2024 09:54
Last Modified: 09 Sep 2024 09:54
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/623

Actions (login required)

View Item View Item