PENGARUH PERIKLANAN, DIRECT SELLING, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK BANANG JAYA TRAD CO

Alven Liable Chandra (2022) PENGARUH PERIKLANAN, DIRECT SELLING, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK BANANG JAYA TRAD CO. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
SKRIPSI(1)ALVEN_181010089.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Alven Liable Chandra, 181010089, 2022, Pengaruh Periklanan, Direct Selling dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Banang Jaya Trad Co, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I : Bambang Sutejo, S.Kom., S.E., M.M. Pembimbing II : Muhammad Ali Akbar, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Periklanan terhadap Keputusan Pembelian pada Banang Jaya Trad Co, mengetahui pengaruh Direct Selling terhadap Keputusan Pembelian pada Banang Jaya Trad Co, mengetahui pengaruh Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Banang Jaya Trad Co, mengetahui pengaruh Periklanan, Direct Selling dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Banang Jaya Trad Co. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada toko yang melakukan pembelian pada Pelayanan Banang Jaya Trad Co, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada toko selama periode 2020 sebanyak 10.905 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 99 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 1,438 + 0,420 Periklanan + 0,177 Direct Selling + 0,317 Pelayanan + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Periklanan memiliki peng nilai thitung (5,132) > ttabel (1,987) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Periklanan terhadap Keputusan Pembelian pada Banang Jaya Trad Co. Hasil analisis menunjukkan Direct Selling memiliki nilai thitung (2,778) > ttabel (1,987) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Direct Selling terhadap Keputusan Pembelian pada Banang Jaya Trad Co. Hasil analisis menunjukkan Pelayanan memiliki pengaruh nilai thitung (4,295) > ttabel (1,987) dengan tingkat signifikan 0,026 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Banang Jaya Trad Co. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Periklanan, Direct Selling dan Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Banang Jaya Trad Co berdasarkan nilai Fhitung (23,615) > Ftabel (3,07) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara Periklanan, Direct Selling dan Pelayanan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian pada Banang Jaya Trad Co. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai Adjust R Square (Adjusted R2) atau koefisien determinasi yang telah terkorelasi dengan jumlah variabel dan ukuran sampel sehingga dapat mengurangi unsur bias jika terjadi penambahan variabel maupun penambahan ukuran sampel yang diperoleh adalah sebesar 0,409. Hal ini berarti besarnya pengaruh Periklanan, Direct Selling dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian adalah sebesar 40,9% sedangkan sisanya 40,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kualitas produk, harga, lokasi, kepuasan, loyalitas dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci : Periklanan, Direct Selling, Pelayanan, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 09 Sep 2024 10:37
Last Modified: 09 Sep 2024 10:37
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/627

Actions (login required)

View Item View Item