PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MENGGUNAKAN JASA JHON ELECTRO MEDAN

Adrian (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MENGGUNAKAN JASA JHON ELECTRO MEDAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL (1)TEXT SKRIPSI_ADRIAN_171010048.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Adrian, 171010048, 2021, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Menggunakan Jasa Jhon Electro Medan, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dr. Sri Rezeki, S.E., M.Si., Pembimbing II: Ihdina Gustina, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Jhon Electro, mengetahui pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Jhon Electro, mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Jhon Electro. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh pelanggan yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2020 sebanyak 173 pelanggan. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 121 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Loyalitas Pelanggan = 1,091 + 0,414 Kualitas Pelayanan + 0,344 Kepuasan Pelanggan + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Jhon Electro berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 5,737 > ttabel 1,980. Hasil analisis menunjukkan Kepuasan Pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Jhon Electro berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 5,020 > ttabel 1,980. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Jhon Electro berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan yaitu sebesar Fhitung 33,433 > Ftabel 3,07. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R square (R2) = 0,362 artinya variabel Loyalitas Pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan sebesar 36,2% sedangkan sisanya 63,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti potongan harga, iklan, perilaku pelanggan, harga, lokasi dan variabel lainnya. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 11 Sep 2024 10:41
Last Modified: 11 Sep 2024 10:41
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item