PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PRODUK, DAN BIAYA TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM MENABUNG DI BANK MULTIARTA SENTOSA

Chelsea Sinyo (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PRODUK, DAN BIAYA TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM MENABUNG DI BANK MULTIARTA SENTOSA. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI(1)CHARLES_171010007.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Chelsea Sinyo, 181010261, 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Biaya terhadap Kepuasan Nasabah dalam Menabung di Bank Multiarta Sentosa. STIE Eka Prasetya Medan, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Ibu Ihdina Gustina S.E., M.M., Pembimbing II: Bapak Muhammad Ali Akbar, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Kualitas Pelayanan, Produk dan Biaya terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Multiarta Sentosa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah Bank Multiarta Sentosa serta unit observasinya adalah nasabah dari Bank Multiarta Sentosa. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah dari Bank Multiarta Sentosa sebanyak 184 nasabah. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus slovin dan berjumlah sebanyak 65 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi Kepuasan Nasabah = -3,157 + 0,434 Kualitas Pelayanan + 0,507 Produk + 0,181 Biaya + e. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Multiarta Sentosa dimana thitung 6,097 > ttabel 1,999, variabel Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Multiarta Sentosa dimana thitung 4,179 > ttabel 1,999 dan variabel Biaya tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Multiarta Sentosa dimana thitung 1,761 < ttabel 1,999. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Fhitung 95,434 > Ftabel 2,76 yang berarti variabel bebas yaitu Kualitas Pelayanan, Produk dan Biaya secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Kepuasan Nasabah pada Bank Multiarta Sentosa. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 81,60% variabel Kepuasan Nasabah pada Bank Multiarta Sentosa dipengaruhi oleh variabel Kualitas Pelayanan, Produk dan Biaya, sedangkan sisanya sebesar 18,40% dijelaskan oleh pengaruh faktor lain atau variabel di luar model seperti lokasi, saluran distribusi dan promosi penjualan yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Produk, Biaya, Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 13 Sep 2024 08:30
Last Modified: 13 Sep 2024 08:30
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/661

Actions (login required)

View Item View Item