PENGARUH PERSEPSI RESIKO DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI PADA ONLINE SHOP SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA/I STIE EKA PRASETYA MEDAN)

Dewi Tania (2021) PENGARUH PERSEPSI RESIKO DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI PADA ONLINE SHOP SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA/I STIE EKA PRASETYA MEDAN). Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI(1)DEWI TANIA_171010046.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Dewi Tania, 171010046, 2021, Pengaruh Persepsi Resiko dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli pada Online Shop Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa/I STIE Eka Prasetya Medan), Program Studi Manajemen, Pembimbing I : Dra. Pesta Gultom, M.M. , Pembimbing II : Irvan Rolyesh Situmorang, S.E., M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Persepsi Resiko terhadap Minat Beli pada Online Shop Shopee, mengetahui pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli pada Online Shop Shopee, mengetahui pengaruh Persepsi Resiko dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli pada Online Shop Shopee. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada mahasiswa/i STIE Eka Prasetya Medan, data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan atau literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIE Eka Prasetya Medan pada angkatan 2017, 2018, 2019 dan 2020. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 92 responden. Data dianalisis dengan memberikan persamaan Minat Beli = 4,192 + 0,640 Persepsi Resiko + 0,372 Kepercayaan Konsumen + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Resiko memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli pada Online Shop Shopee berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 4,865 > ttabel 1,98667. Hasil analisis menunjukkan Kepercayaan Konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli pada Online Shop Shopee berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 3,684 > ttabel 1,98667. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Resiko dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli pada Online Shop Shopee berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan yaitu sebesar Fhitung 112,596 > Ftabel 3,10. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R square = 0,717 atau 71,7% yang artinya bahwa Persepsi Resiko dan Kepercayaan Konsumen mempunyai pengaruh sebesar 71,7% terhadap Minat Beli pada Online Shop Shopee. Sedangkan sisanya 28,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar variabel penelitian ini seperti Iklan dan Promosi. Kata kunci : Persepsi Resiko, Kepercayaan Konsumen, Minat Beli.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 17 Sep 2024 10:40
Last Modified: 17 Sep 2024 10:40
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/679

Actions (login required)

View Item View Item