PENGARUH PERSEDIAAN DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA AHUA KELONTONG MEDAN

Erica Taniyek (2021) PENGARUH PERSEDIAAN DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA AHUA KELONTONG MEDAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI(1)ERICA TANIYEK_171010095.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Erica Taniyek, 171010095, 2021, Pengaruh Persediaan dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Ahua Kelontong Medan, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Ihdina Gustina, S.E., M.M., Pembimbing II: Edwin Sugesti Nasution, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Persediaan terhadap Keputusan Pembelian pada Ahua Kelontong Medan, mengetahui pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Ahua Kelontong Medan, mengetahui pengaruh Persediaan dan Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Ahua Kelontong Medan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2020 sebanyak 2.984 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 97 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 4,537 + 0,344 Persediaan + 0,342 Atribut Produk + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Persediaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Ahua Kelontong Medan berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 5,041 > ttabel 1,661. Hasil analisis menunjukkan Atribut Produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Ahua Kelontong Medan berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 5,839 > ttabel 1,661. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persediaan dan Atribut Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Ahua Kelontong Medan berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan yaitu sebesar Fhitung 29,061 > Ftabel 2,36. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R square (R2) = 0,382 atau 38,2% yang artinya bahwa Persediaan dan Atribut Produk secara simultan mempunyai pengaruh sebesar 38,2% terhadap Keputusan Pembelian pada Ahua Kelontong Medan. Sedangkan sisanya 61,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kualitas pelayanan, kualitas produk, lokasi, harga, kepuasan dan variabel lainnya. Kata Kunci: Persediaan, Atribut Produk, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 18 Sep 2024 06:10
Last Modified: 18 Sep 2024 06:10
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/683

Actions (login required)

View Item View Item