ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN, PERSEPSI KUALITAS DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA PT. UNIKITZ BERSATU GROUP CABANG MEDAN

Fanni Widianti (2021) ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN, PERSEPSI KUALITAS DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA PT. UNIKITZ BERSATU GROUP CABANG MEDAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT(1)SKRIPSI_FANNI WIDIANTI_171010063.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Fanni Widianti, 171010063, 2021, Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada PT. Unikitz Bersatu Group Cabang Medan, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Desma Erica Maryati M., S.Pd., M.Si., Pembimbing II: Irvan Rolyesh Situmorang, S.E., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Unikitz Bersatu Group Cabang Medan, mengetahui pengaruh Persepsi Kualitas terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Unikitz Bersatu Group Cabang Medan, mengetahui pengaruh Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Unikitz Bersatu Group Cabang Medan, mengetahui pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Unikitz Bersatu Group Cabang Medan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada toko yang melakukan pembelian pada produk PT. Unikitz Bersatu Group Cabang Medan, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada perusahaan pada tahun 2019 yaitu sebanyak 12.139 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 99 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 0,153 + 0,366 Motivasi Konsumen + 0,215 Persepsi Kualitas + 0,795 Sikap Konsumen + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Motivasi Konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Unikitz Bersatu Group Cabang Medan berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 3,479 > ttabel 1,661. Hasil analisis menunjukkan Persepsi Kualitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Unikitz Bersatu Group Cabang Medan berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 2,087 > ttabel 1,661. Hasil analisis menunjukkan Sikap Konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Unikitz Bersatu Group Cabang Medan berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 6,537 > ttabel 1,661. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas dan Sikap Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Unikitz Bersatu Group Cabang Medan berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan yaitu sebesar Fhitung 35,587 > Ftabel 2,14. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai Adjusted R square (Adjusted R2) = sebesar 0,529. Hal ini berarti besarnya pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian adalah sebesar 52,9% sedangkan sisanya 47,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti perilaku konsumen, kualitas pelayanan, kualitas produk, desain produk dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci : Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas, Sikap Konsumen, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 18 Sep 2024 07:59
Last Modified: 18 Sep 2024 07:59
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/688

Actions (login required)

View Item View Item