PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KOMPETENSI FISKUS TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MEDAN TIMUR

Yeniatri (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KOMPETENSI FISKUS TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MEDAN TIMUR. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL_Yeniatri_183010045 (2).pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Yeniatri, 183010045, 2022, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kompetensi Fiskus Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur, STIE Eka Prasetya, Program, Studi Akuntansi, Pembimbing I : Wan Fachruddin, S.E.,M.Si.,Ak.,CA.,CPA Pembimbing II : Asianna Martini Simarmata,S.pd.,M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kompetensi Fiskus Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskripstif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu yang diperoleh dalam bentuk angka dan bilangan. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur sebanyak 45.529 Wajib Pajak pada tahun 2020. Dari populasi, dipilih dengan teknik sampling insidental dan diperoleh sebanyak 100 Wajib Pajak Orang Pribadi. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan persamaan regresi Kepuasan Wajib Pajak = 0,145 + 0,508 Kualitas Pelayanan + 0,148 Kompetensi Fiskus + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur berdasaarkan hasil uji hipotesis secara parsial memiliki nilai thitung > ttabel dengan nilai thitung 10,112 > ttabel 1,98447 dan nilai signfikan > 0,05 yaitu dengan nilai 0,000 < 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi Fiskus tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur berdasaarkan hasil uji hipotesis secara parsial memiliki nilai thitung < ttabel dengan nilai thitung 1,381 < ttabel 1,98447 dan nilai signfikan < 0,05 yaitu dengan nilai 0,170 > 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan dan Kompetensi Fiskus berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan, yaitu Fhitung > Ftabel yaitu dengan nilai 52,205 > 3,09 dan dengan nilai signifikan < 0,05 yaitu dengan nilai 0.000 < 0.05. koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,518 atau 51,8% yang berarti variabel Kepuasan Wajib Pajak dapat dijelaskan oleh variabel Kualitas Pelayanan dan Kompetensi Fiskus sebesar 51,8% dan sisanya 48,2% di jelaskan oleh variabel lain Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kompetensi Fiskus, Kepuasan Wajib Pajak

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 01 Oct 2024 13:05
Last Modified: 01 Oct 2024 13:05
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/705

Actions (login required)

View Item View Item