PENGARUH SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN MODERN DAN KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP MOTIVASI MEMBAYAR PAJAK PADA KPP PRATAMA MEDAN POLONIA

Veronica Fransisca (2022) PENGARUH SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN MODERN DAN KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP MOTIVASI MEMBAYAR PAJAK PADA KPP PRATAMA MEDAN POLONIA. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT(1)Veronica Fransisca_183010100.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Veronica Fransisca, 183010100, 2022, Pengaruh Sistem Administrasi Perpajakan Modern Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Motivasi Membayar Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Polonia, STIE Eka Prasetya, Program Studi Akuntansi, Dosen Pembimbing: Ibu Tri Wulandari, S.E., M.Ak. dan Ibu Susan Grace V. Nainggolan, S.E., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sistem Administrasi Perpajakan Modern Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Motivasi Membayar Pajak secara parsial dan simultan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Polonia. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dan sumber data merupakan sumber data primer. Unit analisis dan observasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang merupakan wajib pajak yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Polonia dengan jumlah populasi seluruh wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Polonia. Dari populasi, dipilih dengan menggunakan teknik insidental sampling dan diperoleh 100 wajib pajak orang pribadi yang merupakan wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Polonia. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda Motivasi Membayar Pajak = 4,322 + 0,102 Sistem Administrasi Perpajakan Modern + 0,409 Kualitas Pelayanan Pajak + e. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan Sistem Administrasi Perpajakan Modern memiliki nilai thitung < ttabel , yaitu dengan nilai 1,014 < 1,98447 dan nilai signifikan > 0,05 yaitu dengan nilai 0,313 > 0,05. Kualitas Pelayanan Pajak memiliki nilai thitung > ttabel , yaitu dengan nilai 4,682 > 1,98447 dan nilai signifikan < 0,05 yaitu dengan nilai 0,000 < 0,05. Hasil penelitian simultan menunjukkan bahwa Sistem Administrasi Perpajakan Modern dan Kualitas Pelayanan Pajak memiliki nilai Fhitung > Ftabel yaitu dengan nilai 71.381 > 3,09 dan signifikan < 0,05 yaitu dengan nilai 0,000 < 0,05. Koefisien Determinasi (R Square) sebesar 0,595 atau 59,5% yang berarti variabel Motivasi Membayar Pajak dapat dijelaskan oleh variabel Sistem Administrasi Perpajakan Modern dan Kualitas Pelayanan Pajak. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Sistem Administrasi Perpajakan Modern tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Motivasi Membayar Pajak. Kualitas Pelayanan Pajak berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Membayar Pajak. Secara simultan, Sistem Administrasi Perpajakan Modern dan Kualitas Pelayanan Pajak berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Membayar Pajak. Kata kunci : Sistem Administrasi Perpajakan Modern, Kualitas Pelayanan Pajak, dan Motivasi Membayar Pajak

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 07 Oct 2024 07:36
Last Modified: 07 Oct 2024 07:36
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/723

Actions (login required)

View Item View Item