PENGARUH PERSEDIAAN BARANG DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. SINAR GEMILANG PERDANA MANDIRI (DISTRIBUTOR SEMEN MERAH PUTIH)

Jesica (2022) PENGARUH PERSEDIAAN BARANG DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. SINAR GEMILANG PERDANA MANDIRI (DISTRIBUTOR SEMEN MERAH PUTIH). Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI_JESICA_181010086.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Jesica, 181010086. 2022, Pengaruh Persediaan Barang dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Sinar Gemilang Perdana Mandiri (Distributor Semen Merah Putih), STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dr. Sri Rezeki, S.E,M.Si, Pembimbing II: Ihdina Gustina, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Persediaan Barang terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Sinar Gemilang Perdana Mandiri, Untuk mengetahui pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Sinar Gemilang Perdana Mandiri dan pengaruh Persediaan Barang dan Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Sinar Gemilang Perdana. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder, unit analisis dalam penelitian ini adalah PT. Sinar Gemilang Perdana Mandiri serta unit observasinya adalah pelanggan PT. Sinar Gemilang Perdana Mandiri. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan PT. Sinar Gemilang Perdana Mandiri sebanyak 82 pelanggan. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menyatakan pengaruh Persediaan Barang dan Relationship Marketing tehadap Loyalitas Pelanggan yang ditunjukkan dari hasil Loyalitas Pelanggan = 8,916 + 0,194 Persediaan Barang + 0,357 Relationship Marketing + e. Hasil pengujian hipotesis bahwa Persediaan Barang berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Sinar Gemilang Perdana Mandiri dengan nilai thitung (2,345) > ttabel (1,990) dan nilai signifikan sebesar 0,022 < 0,05. Hasil pengujian hipotesis bahwa Relationship Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Sinar Gemilang Perdana Mandiri dengan nilai thitung (4,264) > ttabel (1,990) dan nilai signfiikan sebesar 0,000 < 0,05. Hasil pengujian hipotesis bahwa Persediaan Barang dan Relationship Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Sinar Gemilang Perdana Mandiri dengan nilai F hitung (44,881) > F tabel (3,11) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Untuk koefisien determinasi Persediaan Barang dan Relationship Marketing menjelaskan keterkaitan Loyalitas Pelanggan pada PT. Sinar Gemilang Perdana Mandiri sebesar 53,2% dan 46,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci : Persediaan Barang, Relationship Marketing, Loyalitas Pelanggan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 26 Aug 2024 11:17
Last Modified: 26 Aug 2024 11:17
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/531

Actions (login required)

View Item View Item