PENGARUH KUALITAS JASA DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PT. HARAPAN CAHAYA PLASINDO MEDAN

Handy Limmiardo Wijaya (2022) PENGARUH KUALITAS JASA DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PT. HARAPAN CAHAYA PLASINDO MEDAN. Bachelor thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI_Handy Limmiardo Wijaya(1)181010234.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Handy Limmiardo Wijaya, 181010234, 2022, Pengaruh Kualitas Jasa dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada PT. Harapan Cahaya Plasindo, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dedy Lazuardi, S.E., M.M., M.Si., Pembimbing II: Elisabeth Nainggolan, S.Pd., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Jasa terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Harapan Cahaya Plasindo, mengetahui pengaruh Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Harapan Cahaya Plasindo, mengetahui pengaruh Kualitas Jasa dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Harapan Cahaya Plasindo. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh pelanggan yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2021 sebanyak 522 pelanggan yang melakukan pembelian berulang. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 84 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Loyalitas Konsumen = 7,756 + 0,226 Kualitas Jasa + 0,378 Kepuasan Konsumen + e Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Jasa memiliki nilai thitung (3,117) > ttabel (1,989) dengan tingkat signifikan 0,003 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Kualitas Jasa terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Harapan Cahaya Plasindo. Hasil analisis menunjukkan Kepuasan Konsumen memiliki nilai thitung (4,710) > ttabel (1,989) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Harapan Cahaya Plasindo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Jasa dan Kepuasan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Harapan Cahaya Plasindo berdasarkan nilai Fhitung (40,416) > Ftabel (3,11) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Jasa dan Kepuasan Konsumen secara simultan terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Harapan Cahaya Plasindo. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,499 artinya variabel Loyalitas Konsumen dapat dijelaskan oleh variabel Kualitas Jasa dan Kepuasan Konsumen sebesar 49,9% sedangkan sisanya 50,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti harga, lokasi, penjualan personal, kualitas produk dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Kualitas Jasa, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 27 Aug 2024 09:00
Last Modified: 27 Aug 2024 09:00
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item